BREAKING

Category 3

Arti Bunyi Bip Saat Komputer Dihidupkan

Pernah mendengar suara "bip" saat komputer dihidupkan? Tentu pernah. Apa benar ada arti bunyi beep pada saat komputer dihidupkan itu? Benar, bunyi tersebut tidak hanya sekedar bunyi biasa, karena memiliki pesan untuk setiap jenis bunyinya. Jika bunyi "bip" satu kali itu normal, lalu bagaimana dengan bunyi bip yang panjang dan banyak? Berikut penjelasannya.

1. Bunyi "bip" pendek 1x.
Umumnya ini berarti normal untuk kebanyakan jenis komputer walau ada juga beberapa motherboard yang kondisi normalnya tidak mengeluarkan bunyi "bip" sama sekali. Jika komputermu masih baru sebaiknya kenali sejak dini ciri tersebut.

2. Bunyi "bip" pendek 2x.
Kemungkinan terbesar adalah terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam settingan BIOS. Cobalah cek settingan yang mungkin tidak sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan dari berbagai hardware komputer seperti memory dan hardisk.

3. Bunyi "bip" panjang 1x dan pendek 1x.
Biasanya peringatan untuk permasalahan motherboard atau memory (RAM). Cek beberapa komponen motherboard dan pastikan semuanya terpasang dan berada dalam kondisi yang baik. Jika tidak mungkin salah satunya rusak.

4. Bunyi "bip" panjang 1x dan pendek 2x.
Menandakan terjadi masalah pada monitor atau VGA Card. Cek kondisi keduanya terhadap kerusakan atau kemungkinan kesalahan saat installasi. Ingat juga, VGA Card merupakan salah satu komponen komputer yang sangat sensitif.

5. Bunyi "bip" panjang 1x dan pendek 3x.
Permasalahan kali ini terdapat pada keyboard. Memang tidak selalu keyboard rusak akan menghasilkan bunyi "bip", tapi fitur ini ada pada beberapa jenis mootherboard yang memiliki settingan khusus untuk perangkat keyboard.

6. Bunyi "bip" panjang 1x dan pendek 9x.
Sangat jarang terjadi, tapi jika ternyata suatu saat kamu menemukannya maka kesalahan telah terjadi pada ROM BIOS. Jika kamu merasa tidak cukup ahli untuk mengutak atik BIOS sebaiknya serahkan kepada orang yang lebih ahli.

7. Bunyi "bip" panjang, terus menerus.
Ditandai juga dengan tidak bisanya komputer booting bahkan masuk ke BIOS. Permasalahan terdapat pada memory RAM. Coba cek pemasangan memory atau bersihkan dudukannya dengan kuas. Jika hasilnya sama mau tak mau memory harus diganti.

8. Bunyi "bip" pendek, terus menerus.
Bunyinya mirip alat pemantau jantung di rumah sakit. Hal ini menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada penyuplai tegangan komputer atau yang biasa kita sebut Power Supply. Segeralah ganti dengan yang baru.

Satu hal yang perlu diketahui, ada kemungkinan pada setiap motherboard jenis alarm peringatan (alias "bip" tersebut) berbeda-beda jenis dan artinya. Namun apa yang saya jabarkan di atas adalah sangat umum untuk semua jenis motherboard atau komputer.

Maka, jika kamu menemui berbagai gejala tersebut, sebaiknya coba tanyakan terlebih dahulu kepada ahlinya sebelum langsung mem-vonis sebuah hardware bersalah.

0 komentar: