BREAKING

Category 3

Merahasiakan File Tanpa Software

Beberapa di antara kita kadang memiliki dokumen atau file rahasia yang tidak ingin diketahui atau diakses orang lain. Bagaimana cara menyembunyikan file tersebut? Sangat mudah, caranya adalah...dengan menggunakan teknik kamuflase. Penasaran? Lanjutkan membaca.

Coba perhatikan. Setiap file di komputer memiliki jenis apakah itu gambar, video, audio dan sebagainya sehingga di belakang nama file akan ada nama extensi (jenis file) seperti .jpg, .png, .flv, .mpg, mp3. Jika di komputermu tidak muncul, dapat dimunculkan dengan setting explorer.

Cara memunculkan nama jenis file (extensi file):
1. Buka windows explorer atau MyComputer (Win+E).
2. Klik: Tools > Folder Options > View.
3. Hapus centang pada Hide extensions for known file types.
Nah, sekarang extensi file sudah kelihatan. Untuk menghilangkannya kembali, centang lagi "Hide extensions for known file types" tersebut.

Sekarang waktunya kita melakukan teknik kamuflase!
Mudah kok. Kamu tinggal ubah nama extensi file tersebut. Misalkan kamu ingin menyembunyikan foto cewek kamu yang diberi nama: CayanQ.jpg. Selanjutnya kamu ubah saja jadi CayangQ.doc. File yang tadinya ber-icon gambar akan berubah jadi icon file Microsoft Office Word. Huahahahahhahaaa!!

Jika kamu ingin membuka file-nya lagi (karena kangen liat foto cewek kamu) tinggal kembalikan aja extensi-nya ke extensi asli (.jpg). Gimana, gampangkan?

Tapi ingat satu hal dalam melakukan trik ini: jangan sampai kamu lupa yang mana file-nya dan nama dari extensi aslinya!! Hehehehehe...

Semoga bermanfaat!

0 komentar: