BREAKING

Category 3

Akibat Langsung Mencabut Flashdisk

Beberapa orang suka lupa bahkan tidak tau fitur safely remove pada komputer. Sudah terpatri disetiap orang bahwa mencabut flashdisk tanpa melakukan "safely remove" akan merusak flasdisk dan file/data yang ada di dalamnya, benarkah demikian? 

Fitur safely remove yang ada pada Windows (serta berdasarkan berbagai informasi) sesungguhnya hanya berfungsi untuk memastikan bahwa tidak ada transfer data (open program) antara komputer dengan flashdisk. Lalu apakah bahaya jika mencabut flashdisk begitu saja?

Jawabanya adalah tidak.

Yang terpenting adalah kita sendiri yang memastikan memang tidak ada transfer data atau program yang membuka file yang berada di dalam flashdisk oleh komputer. Adalah mencabut flashdisk saat ada file yang sedang dibukalah (play/open) yang sesungguhnya menjadi resiko mencabut tanpa safely. Akibatnya sendiri adalah bisa membuat file tersebut menjadi corrupt/rusak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa fitur safely remove sesungguhnya bertujuan untuk memastikan tidak ada transfer data antara flashdisk dengan komputer. Sedangakn bahayanya sendiri lebih kepada file yang ada di dalam flashdisk, bukan kepada hardware flashdisk.

Catatan:
Kerusakan flashdisk lebih disebabkan oleh faktor dari luar seperti terjatuh atau terendam, hubungan singkat dan faktor dari usia flashdisk itu sendiri karena flashdisk sesungguhnya dibuat dengan batasan penulisan data (seperti hardisk).

1 komentar:

  1. Walaupun kita yakin sedang tidak melakukan proses transfer data namun proses file management di Operating System biasanya melakukan index service [Link: http://en.wikipedia.org/wiki/Indexing_Service] yang artinya masih terdapat segenap proses baca tulis, dan mungkin kita tidak tahu kapan index service itu berjalan

    BalasHapus