BREAKING

Category 3

Tips Upgrade dan Beli Memory RAM

Memory RAM merupakan salah satu komponen penting bagi komputer karena sangat menentukan performa komputer. Saat ini ukuran atau kapasitas minimal dari sebuah memory RAM di pasaran adalah 1 Giga. Sulit menemukan memory RAM 512 MB. Jika ingin ganti atau upgrade RAM perhatikanlah hal-hal berikut ini.
1. Apa jenis memory RAM kamu?
Dalam perkembangannya ada banyak jenis memory RAM mulai dari DDR1, DDR2, DDR3, SODIMM, dll. Memory untuk komputer PC (desktop) dan laptop juga berbeda. Untuk mengetahuinya cukup cek melalui RAM yang terpasang pada komputermu saja. Biasanya terdapat pada sticker yang terpasang pada memory. Jika tidak bisa atau tidak ada, gunakan aplikasi yang satu ini: klik!. CPU-Z merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan performa serta spesifikasi hardware komputer.

2. Berapa PC yang disupport motherboard?
PC disini adalah satuan standar yang digunakan untuk mengelompokkan jenis kecepataan pembacaan sebuah memory. Biasanya tertulis seperti ini: PC6400, PC5300, PC4300 kadang juga seperti ini: PC5300 (667), PC4300 (533). Semakin tinggi semakin cepat, tapi sebaiknya cek dulu berapa PC yang support motherboard. Lihat di buku petunjuk atau search spesifikasi motherboard kamu lewat internet. Biasanya ada batas minimal dan maksimal ukuran PC RAM bagi motherboard. Paling gampang lakukan seperti no1: cek saja melalui memory RAM yang lama dan sesuaikan.

3. Upgrade tunggal atau double?
Mengupgrade atau menambah kapasitas RAM. Ada 2 cara, pertama mengganti langsung memory yang lama. Katakanlah sebelumnya menggunakan RAM berkapasitas 1 Giga, lalu ingin upgrade ke 2 Giga. Maka belilah RAM berkapasitas 2 Giga, pasang dan yang lama disimpan saja. Cara kedua dengan menggandeng (double), maksudnya kita hanya perlu membeli RAM berkapasitas 1 Giga lagi untuk kemudian dipasangkan pada slot yang kedua, (biasanya motherboard sekarang menyediakan 2 slot untuk memory RAM). Sekarang kita memiliki 2 buah RAM yang terpasang dengan masing-masing berkapasitas 1 Giga dan oleh komputer secara otomatis akan digabung (dibaca) menjadi 2 Giga.


Dari penjelajahan saya di forum-forum internet saya melihat banyak yang menyarankan jika upgrade memory RAM sebaiknya digandeng (double), karena selain lebih ekonomis katanya juga lebih bagus dalam proses pembacaan. Relatif sih, tapi catat satu hal, jika ingin menggandeng 2 memory, keduanya harus memiliki spesifikasi sama (kapasitas, jenis dan PC).

Semoga bermanfaat.

0 komentar: