BREAKING

Category 3

Mengatur Kemunculan Gadget Blog

Satu lagi tips yang bermanfaat bagi blogger dalam rangka mengatur tampilan sekaligus meringankan loading blog, yakni mengatur kemunculan gadget hanya pada halaman depan atau halaman postingan saja. Dijamin, cara ini bisa mengurangi beban loading blog anda.

Tidak semua orang memiliki koneksi internet yang cepat, disaat lain tidak semua pemilik blog menyadarinya. Banyak blogger yang memasang banyak gadget pada blognya demi mengejar tampilan namun melupakan konsekuensinya: blog jadi berat diakses. Tentu hal ini membuat pengunjung tidak betah diblog.

Untuk mengakalinya kenapa tidak atur saja kemunculan gadget tersebut? Dengan tips ini kita bisa mengatur gadget tertentu hanya muncul pada halam depan (beranda) atau halaman postingan saja, sehingga blog jadi lebih ringan dan tampilan halaman depan dan postingan pun ada sedikit perbedaan sehingga lebih menarik.

Contoh, katakan kita memasang 10 gadget kita bisa membuat 5 diantaranya hanya muncul pada halaman depan sedangkan 5 lainnya pada halam postingan.

Berikut langkahnya:
1. Login blog
2. Template > Edit HTML
3. Centang pada Expand Template Widget.
4. Tekan F3 keyboard

Menampilkan gadget pada halaman depan/beranda saja:
Cari kode <b:includable id='main'> dan taroh kode ini <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> dibawahnya. Cari kode <b:include name='quickedit'/> dan taroh kode </b:if> dibawahnya.
contoh:

<b:widget id='HTML4' locked='false' title='GADGET' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Menampilkan gadget pada halaman postingan saja:
Caranya sama hanya berbeda dikode HTMLnya saja. Cari kode <b:includable id='main'> dan taroh kode ini <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> dibawahnya. Cari kode <b:include name='quickedit'/> dan taroh kode </b:if> dibawahnya.

Catatan: GADGET diatas hanyalah contoh judul gadget, mungkin anda memberi nama lain untuk gadget anda. Jika gadget yang anda pasang tidak memiliki judul, berilah judul selama proses ini untuk memudahkan pencarian/pengeditan.

Selamat mencoba!

0 komentar: