BREAKING

Category 3

Pentingnya Maintenance Postingan Blog

Sebagai blogger tentu kita selalu berusaha untuk menyajikan postingan-postingan sebaik mungkin. Tak hanya itu, kita juga meningkatkan tampilan blog agar lebih menarik bagi pengunjung. Namun apakah hanya itu tugas seorang blogger? Tidak.

Banyak blogger melupakan pentingnya maintenance post blog untuk meningkatkan (menjaga) kualitas blognya. Lupakan dulu tentang minimal 1 post per hari. Persoalan di sini bukan pada seberapa produktif kamu atau seberapa bagus postinganmu, melainkan seberapa perhatian kamu pada postinganmu sendiri.

Banyak blogger (termasuk saya sendiri) yang sudah memiliki ratusan postingan bahkan kamu mungkin sudah punya ribuan. Pertanyaannya, apakah kamu pernah membuka lagi postingan-postinganmu terdahulu? Atau kembali meng-editnya?

Saya yakin, jawabannya mayoritas adalah tidak. Apalagi pada postingan sepi komentar.

Ada beberapa blog yang seharinya bisa membuat puluhan postingan (hasil copas). Blogger jenis ini jelas yang paling tidak peduli. Mungkin yang dituju hanya sekedar sensasi, trafic atau page rank saja. Atau klik iklan? Maaf jika ada yang tersinggung.


Padahal kalau itu alasannya, cukup dengan membuat sebuah 1 postingan yang berkualitas saja per harinya, kamu tidak perlu berjibaku membuat puluhan postingan update per hari seolah ingin mengalahkan situs warta berita online. Karena dijamin, postingan berkualitas otomatis akan menarik banyak pembaca dan tidak akan lekang dimakan waktu.

Back to topic. Maintenance postingan blog itu penting. Bayangkan jika kamu memiliki 100 postingan dengan 50 postingan berisikan link yang sudah mati. Tentu blog kamu akan kehilangan simpati dari pengunjung (terutama pengunjung baru) karena kecewa.

Atau sebuah postingan berita 5 tahun lalu yang pengunjungnya tak melebihi 10 orang saja, itu hanya memenuhi dokumentasi postinganmu yang ujung-ujungnya merusak pemandangan. 

Makna dari update blog yang sesungguhnya?
Kesimpulannya, tak penting seberapa banyak jumlah postinganmu, tak penting seberapa update postinganmu, yang terpenting adalah setiap apa yang kamu post di blogmu memang benar-benar bermanfaat bagi pembacanya.

Maka, cek lah postingan-postinganmu terdahulu. Apabila ada link yang broken, segeralah perbaiki. Apabila ada post "sampah" hapus saja atau edit kembali agar menjadi lebih fresh. 

Saya sendiri punya kebiasaan me-recycle postingan-postingan jadul yang ada di blog. Kebetulan blog saya tidak berisikan konten yang musti update tiap hari karna hanya berisikan tips dan trik serta info bermanfaat. Justru bagi saya proses recycle ini sama halnya dengan update.

Ingat, jangan sampai pengunjung blog kamu kecewa. Semoga post ini bermanfaat.

0 komentar: